5 Kenyataan Menarik Tentang Boneka Kucing Keberuntung (Maneki Neko)

Sempatkah Anda terasa penasaran pada boneka kucing emas yang tangannya mengayun atas bawah yang seringkali Anda dapatkan di restoran atau beberapa toko punya orang Asia? Di bawah ini yaitu beragam narasi menarik dibalik boneka itu.

Bila kalian sempat berkunjung ke restoran China atau Jepang, supermarket yang jual product Asia, atau beberapa toko yang umumnya berada di Chinatown, mungkin saja kalian juga akan seringkali lihat boneka kucing kecil tergeletak di samping kasir.

Cek Jual Hadiah Wisuda dan temukan hadiah wisuda menarikmu

Screenshot_17.png

Boneka kucing kecil ini di sebut jadi kucing pembawa keburuntungan, serta konon tuturnya begitu populer di budaya Jepang serta China. Boneka ini dipandang jadi satu jimat yang diakui dapat menyerap rejeki serta keberuntungan untuk sang yang memiliki. Oleh karena itu boneka ini juga akan seringkali di jumpai di beberapa toko, tempat makan, serta tempat usaha yang lain.

 

 

Terkecuali boneka kucing kecil ini begitu imut, masih tetap tidak sering ada orang yang ketahui arti sebenarnya dibalik “kucing keberuntungan” ini terkecuali membawa keberuntungan. Di bawah ini yaitu 5 kenyataan menarik tentang boneka kucing imut ini :

 

  1. Nama Alias

 

Kucing keberuntungan ini dikenal jadi Maneki Neko dalam bhs Jepang, yang bermakna “kucing pengundang”. Boneka kucing ini dengan automatis menggerakan cakarnya ke atas serta ke bawah, seakan mengundang keberuntungan untuk pemiliknya. Ada pula nama beda dari boneka ini seperti kucing rejeki, kucing uang, serta kucing penyambut.

 

  1. Legenda Di Balik Maneki Neko

 

Tidak kebanyakan orang yakin bagaimana Maneki Neko ini pertama kalinya keluar. Tetapi, umumnya orang yakin kalau boneka kucing keberuntungan ini pertama kalinya keluar waktu jaman Edo di Jepang (Sekitaran era ke 17 hingga pertengahan era 19)

 

Terdapat banyak legenda popular tentang asal muasal dari kucing keberuntungan ini. Yang pertama, ada seseorang juragan kaya yang tengah berteduh dari hujan badai dibawah pohon samping kuil. Lalu dia tersentak lihat seekor kucing didalam kuil, seakan menyuruhnya untuk masuk kedalam kuil, lantas dia masuk kedalam kuil itu. Selang beberapa saat, petir datang menyambar pohon tempat dia berteduh. Karna kucing itu sudah menyelamatkan nyawanya, juragan itu begitu bersukur serta menyumbangkan kekayaannya untuk mendanai kuil itu sampai jadi kuil yang elegan serta makmur. Waktu juragan itu wafat, satu patung kucing dibangun untuk memperingati kedermawaannya.

 

Satu legenda sekali lagi tentang kucing keberuntungan ini lumayan aneh. Satu hari, seseorang seniman wanita penghibur (Geisha) pelihara kucing yang begitu dia cintai. Satu kali, kucing itu menarik serta mencakar kimononya, serta yang memiliki tempat tinggal bordil itu menganggap kalau kucing itu tengah kerasukan. Selekasnya yang memiliki tempat tinggal bordil itu mencabut pedang kepunyaannya serta memotong kepala kucing itu. (Waw, sadis!)

 

Kepala kucing yang dipenggal itu terpental serta mendarat diatas seekor ular yang bersiap menggigit seseorang wanita, serta gigi dari kepala kucing itu menusuk kepala ular itu dari atas serta wanita itu terselamatkan. Geisha yang memiliki kucing itu begitu sedih juga akan kematian kucing peliharaannya sampai satu diantara pelanggannya membikinkan patung kucing untuk menghiburnya.

 

  1. Arti sebenarnya dari cakar yang naik turun.

 

Sebenarnya, ada arti dibalik cakar kucing yang naik turun itu. Waktu cakar samping kiri diangkat, ini mengisyaratkan kalau hal semacam ini juga akan menarik pelanggan untuk datang. Apabila yang kanan diangkat, ia juga akan mengundang rejeki serta uang. Jika ke-2 cakarnya diangkat, ini bermakna boneka kucing itu tengah memohon perlindungan.

 

  1. Lambang di balik warna

 

Umumnya kalian juga akan lihat Maneki Neko putih dengan titik titik jingga serta hitam. Tetapi, kenyataannya terdapat banyak macam warna serta setiap warnanya mempunyai arti istimewa sendiri.

 

Calico (krem) : gabungan warna tradisionil, dipandang paling membawa keberuntungan

 

Putih : kebahagiaan, kesucian, serta beberapa hal positif untuk datang

 

Emas : kekayaan serta kemakmuran

 

Hitam : menyangkal aura jahat

 

Merah : berhasil di hubungan pada rekan serta cinta

 

Hijau : kesehatan yang gemilang

 

  1. Arti dari aksesori yang dipakai oleh Maneki Neko

 

Seperti yang kita saksikan, Maneki Neko umumnya kenakan kain alas dada, kalung leher, serta lonceng. Di jaman Edo, sangat lumrah untuk beberapa juragan kaya untuk merias kucing peliharaannya demikian ; Satu lonceng diikatkan di kalung lehernya agar pemiliknya tahu kehadiran kucingnya katakan hilang. Maneki Neko juga kenakan aksesori beda di cakarnya, termasuk juga :

 

  1. Logam oval emas seharga 1 Ryo : Dahulu waktu zaman Edo, satu Ryo memiliki nilai nominal yang begitu besar.

 

  1. Martil uang magis : Bila Anda lihat satu martil/palu kecil, ini mengisyaratkan kekayaan. Waktu dikocok, martil ini umumnya mengundang rejeki.

 

  1. Ikan, umumnya ikan carper : Ikan ini lambang dari kelimpahan serta rejeki baik.

 

  1. Kelereng atau batu permata : Benda ini berperan jadi penarik uang. Beberapa orang yakin bila bola kristal mengisyaratkan kebijaksanaan.

 

“Kucing keberuntungan” ini terkadang memegang labu manis, kertas doa, lobak, serta batang logam. Beberapa barang ini diakui mengisyaratkan kekayaan serta nasib baik.

Demikianlah narasi di balik Maneki Neko ini! Berminatkah Anda untuk beli satu atau dua untuk ditempatkan di toko atau kantor Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s